Cara Membersihkan Fisik dari Memory RAM

Sudah berapa lama terakhir kali membersihkan komputer?coba luangkan waktu utnuk cek kondisi dalam cashing komputer atau laptop. Mungkin saja penyebab masalah yang sering dialami komputer yang melambat ataupun kurang respon atau cepat panas bukanlah masalah pada system anda tapi bisa jadi karena hardware komputer terganggu oleh debu yang menempel pada komponen.
Alat alat yang kita butuhkan untuk melakukan ini:
  • Blower(Pompa Angin)
    Alternatif untuk alat ini jika tidak punya bisa menggunakan pompa angin manual.
  • Kuas
    Gunakan Kuas yang kecil saja agar bisa mencapai sela-sela komponen yang sempit.
  • Penghapus Pensil
    Penghapus ini yang nantinya digunakan untuk membersihkan bagian kaki-kaki Pin Memory (RAM)
  • Obeng +
    kalau ini tentunya untuk membuka cashing komputer atau Laptop.
Jika semua alat diatas saatnya untuk kerja
Fokus kita disini adalah membersihkan bagian dari Memory(RAM) juga komponen yang berhubungan dengan ini dan saya anggap anda sudah membersihkan bagian bagian yang lainya seperti fan Processor,power suply,kipas pendukung,hdd,body motherboard,serta yang lainya.

Untuk Hardware satu ini perlakuan khusus yang deberikan adalah

Slot Ram
Membersihkan pada bagian Slot RAM bila ada debu pada bagian lubangya, jangan sampai menancapkan RAM ketika masih banyak debu yang menempel itu akan menggangu performanya.
Lalu pada keping RAM sendiri selain kita membersihkan dengan Kuas tadi juga pada bagian kaki - kaki Pin kita gunakan Penghapus pencil untuk membersihkan kotoran yang menempel.
Membersihkan kaki-kaki Pin RAM
Semua langkah diatas lakukan secara teratur baik 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Selain keuntungan dari segi performa ,juga menambah umur dari hardware tersebut.Terakhir catatan penting lakukan semua pekerjaan dengan hati hati dan tidak gegabah ,salah salah nanti komponen penting akan menjadi rusak.

0 Response to "Cara Membersihkan Fisik dari Memory RAM "

Post a Comment

wdcfawqafwef